Senin, 06 Agustus 2012

Strategi Fatigon Hydro Menembus Pasar Isotonik


Berbekal nama kuat fatigon dan maraknya kebutuhan pasar isotonik, kalbe mengembangkan Fatigon Hydro. Dengan differensiasi berbahan baku air kelapa. Komitmen kalbe menekuni bisnis minuman kesehatan di mulai dari pengembangan Fatigon Hydro mei 2008, Kalbe melihat pasar  minuman kesehatan  akan menjadi tren  ke depan.Namun memang tak mudah bagi Kalbe memasuki pasar minuman kesehatan  pasalnya  persepsi minuman kesehatan di tengah masyarakat masih identik dengan  minuman isotonik, sementara minuman isotonik di kuasai mutlak oleh Pocari Sweat dan Mizone.

Jadilah Kalbe menggunakan Fatigon yang telah diri Sweat persepsi kuat sebagai vitamin penambah tenaga sebagai kendaraan menembus persaingan bisnis minuman isotonik yang dikuasai oleh Pocari Sweat dan Mizone dengan nama Fatigon Hydro.

Berdasarkan riset majalah SWA pada 2011 penguasaan pasar  Hydro  di industri isotonik baru sebesar 2%, Bandingkan dengan Pocari Sweat  yang menguasai 48% pasar dan Mizone yang menguasai 44% pasar minuman isotonik. Berdasarkan data Asosiasi industri Minuman Ringan ( Asrim) ,pada tahun 2011 tumbuh 20% menjadi Rp 3,6 Triliun

Berangkat dari fakta pasar tersebut Kalbe terdorong memutuskan  keluar dari rombongan industri isotonik dengan membentuk kategori baru yaitu minuman air kelapa. Untuk memperbesar penguasaan Hydro , para punggawa Kalbe mengedukasi pasar  melalui program Above the line dan Below the line dan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk menggarap pasar.Berdasarkan data Nielsen, belanja iklan Hydo dari tahun ke tahun meningkat , tahun lalu mencapai Rp 88,6 Miliar atau meningkat 55,4% dari tahun 2010 sebesar Rp 57,4 miliar, Namun dibandingkan dengan Pocari Sweat dan Mizone, belanja iklan Hydo masih kalah jauh , pada tahun 2011 belanja iklan Pocari Sweat mencapai Rp 216, 31 Miliar dan Mizone lebih besar lagi yaitu Rp 226, 63 Miliar.

Berikut ini kami sajikan Strategi Fatigon Hydro menerobos pasar isotonik :
1    1. Menggandeng nama fatogon untuk menunjukkan identitas sebagai minuman penambah tenaga.

2    2. Membuat ceruk pasar baru yakni minuman kesehatan dari air kelapa tampa bahan pengawet  dan pemanis buatan.

3  3.Menggedukasi pasar melalui sampling dan kegiatan , tahun lalu Hydro mengadakan Hydro kuliner ramadhan  di empat lokasi strategis di Jabodetabek.

4   4.Menunjuk Bondan Winaryo  sebagai duta merek bertugas keliling dalam kegiatan Hydro ramadhan dan acara Roadshow ramadhan di beberapa masjid  dan perkantoran dan pusat perbelanjaan.

5   5.Melakukan aktifitas merk dengan menggarap komunitas sepeda dan futsal, antara lain  Go Medan Fun Day (mei 2012) gelar sepeda santai (Surabaya) dan turnamen futsal (Banjarmasin).

6  6.Meninggakatkan anggaran iklan, Belanja iklan Hydro dari tahun ke tahun meningkat, berdasarkan data nielsen anggaran iklan Hydro Rp 88,64 Miliar meningkat 55,4% dari tahun 2010 sebesar Rp55,7 Miliar, diperkirakan belanja iklannya tahun ini lebih besar Januari s/d Juni 2012 saja telah mencapai Rp 1,6 Miliar.

SSumber : Majalah SWA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar