Berbekal nama kuat
fatigon dan maraknya kebutuhan pasar isotonik, kalbe mengembangkan Fatigon
Hydro. Dengan differensiasi berbahan baku air kelapa. Komitmen kalbe menekuni
bisnis minuman kesehatan di mulai dari pengembangan Fatigon Hydro mei 2008,
Kalbe melihat pasar minuman
kesehatan akan menjadi tren ke depan.Namun memang tak mudah bagi Kalbe
memasuki pasar minuman kesehatan
pasalnya persepsi minuman
kesehatan di tengah masyarakat masih identik dengan minuman isotonik, sementara minuman isotonik
di kuasai mutlak oleh Pocari Sweat dan Mizone.
Jadilah Kalbe
menggunakan Fatigon yang telah diri Sweat persepsi kuat sebagai vitamin
penambah tenaga sebagai kendaraan menembus persaingan bisnis minuman isotonik
yang dikuasai oleh Pocari Sweat dan Mizone dengan nama Fatigon Hydro.
Berdasarkan riset
majalah SWA pada 2011 penguasaan pasar
Hydro di industri isotonik baru
sebesar 2%, Bandingkan dengan Pocari Sweat
yang menguasai 48% pasar dan Mizone yang menguasai 44% pasar minuman
isotonik. Berdasarkan data Asosiasi industri Minuman Ringan ( Asrim) ,pada
tahun 2011 tumbuh 20% menjadi Rp 3,6 Triliun
Berangkat dari fakta pasar
tersebut Kalbe terdorong memutuskan
keluar dari rombongan industri isotonik dengan membentuk kategori baru
yaitu minuman air kelapa. Untuk memperbesar penguasaan Hydro , para punggawa
Kalbe mengedukasi pasar melalui program
Above the line dan Below the line dan media sosial seperti Facebook dan Twitter
untuk menggarap pasar.Berdasarkan data Nielsen, belanja iklan Hydo dari tahun
ke tahun meningkat , tahun lalu mencapai Rp 88,6 Miliar atau meningkat 55,4%
dari tahun 2010 sebesar Rp 57,4 miliar, Namun dibandingkan dengan Pocari Sweat
dan Mizone, belanja iklan Hydo masih kalah jauh , pada tahun 2011 belanja iklan
Pocari Sweat mencapai Rp 216, 31 Miliar dan Mizone lebih besar lagi yaitu Rp
226, 63 Miliar.
Berikut ini kami
sajikan Strategi Fatigon Hydro menerobos pasar isotonik :
1 1. Menggandeng nama fatogon untuk
menunjukkan identitas sebagai minuman penambah tenaga.
2 2. Membuat ceruk pasar baru yakni minuman
kesehatan dari air kelapa tampa bahan pengawet
dan pemanis buatan.
3 3.Menggedukasi pasar melalui sampling dan
kegiatan , tahun lalu Hydro mengadakan Hydro kuliner ramadhan di empat lokasi strategis di Jabodetabek.
4 4.Menunjuk Bondan Winaryo sebagai duta merek bertugas keliling dalam
kegiatan Hydro ramadhan dan acara Roadshow ramadhan di beberapa masjid dan perkantoran dan pusat perbelanjaan.
5 5.Melakukan aktifitas merk dengan
menggarap komunitas sepeda dan futsal, antara lain Go Medan Fun Day (mei 2012) gelar sepeda
santai (Surabaya) dan turnamen futsal (Banjarmasin).
6 6.Meninggakatkan anggaran iklan, Belanja
iklan Hydro dari tahun ke tahun meningkat, berdasarkan data nielsen anggaran
iklan Hydro Rp 88,64 Miliar meningkat 55,4% dari tahun 2010 sebesar Rp55,7 Miliar,
diperkirakan belanja iklannya tahun ini lebih besar Januari s/d Juni 2012 saja
telah mencapai Rp 1,6 Miliar.
SSumber : Majalah SWA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar