Menyebut nama (merek)
Toshiba, Ace, Dell dan bahkan Lenovo untuk produk komputer atau notebook sudah
biasa.Bagaimana dengan nama Advan? Boleh di tebak banyak dari anda yang belum
mengenalnya. Advan memang salah satu pemain lokal yang mencoba ikut mengarungi
meriahnnya pasar personal computer (PC) di tanah air , termasuk kehadiran
kategori baru yang disebut Netbook.
PT Intech Surya Abadi
sebagai pemasok Advan pernah memproduksi monitor komputer dan televisi dengan
membangun pabrik di di kawasan industri candi di Semarang, karena pasar monitor
dan PC yang masih di dominasi Samsung dan LG serta fenomena pasar PC yang
cendrung menurun dan pasar Notebook justru meningkat tajam dari 500 ribu di
tahun 2006 menjadi 2 juta unite lebih tahun 2008 (data majalah swa) maka PT
Intech Surya Abadi sebagai produsen Advan membuat lompatan baru dengan
memproduksi aneka perangkat komputer mulai dari Notebook, Deskbook, dan bahkan
Flashdisk.
Dikelas Netbook untuk
mengimbangi dominasi Toshiba, Acer dan Lenovo PT Intech Surya Abadi mengambil
langkah positioning sebagai Nebook murah, Kini PT Intech Surya Abadi membrandol
produk Advan yaitu Vanbook dengan harga 3 Juta/Unit.Harga yang murah memang
menjadi strategi umum Advan yaitu target pasarnya memang kalangan menengah
kebawah yang mengidamkan bisa memiliki komputer/Notebook dengan harga
terjangkau.
Berikut ini Strategi
umum Advan dalam pasar Komputer/Notebook :
1.
Permajaan Merek
: merek produk Notebook dan Deskbook (all in one PC), dari Advance diubah menjadi
Advan agar lebih mudah diucapkan dan diingat.
2.
Melakukan
strategi promosi dengan beriklan di media massa maupun elektronik dengan brand
ambasador artis Happy Salma.
3.
Sesuai dengan
target pasarnya, Advan menawarkan produk dengan harga lebih murah untuk produk
komputer dan aksesorisnya.
4.
Deskbook Advan
dipasarkan dengan harga Rp 5 juta/unit lebih murah dibandingkan Imac(US$ 2
Ribu)
5.
Pelayanan pasca
jual dengan membuka pusat servis Advan di 33 kota besar di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar