Jumat, 17 Agustus 2012

STRATEGI ADVAN BERSAING DI PASAR KOMPUTER


Menyebut nama (merek) Toshiba, Ace, Dell dan bahkan Lenovo untuk produk komputer atau notebook sudah biasa.Bagaimana dengan nama Advan? Boleh di tebak banyak dari anda yang belum mengenalnya. Advan memang salah satu pemain lokal yang mencoba ikut mengarungi meriahnnya pasar personal computer (PC) di tanah air , termasuk kehadiran kategori baru yang disebut Netbook.

PT Intech Surya Abadi sebagai pemasok Advan pernah memproduksi monitor komputer dan televisi dengan membangun pabrik di di kawasan industri candi di Semarang, karena pasar monitor dan PC yang masih di dominasi Samsung dan LG serta fenomena pasar PC yang cendrung menurun dan pasar Notebook justru meningkat tajam dari 500 ribu di tahun 2006 menjadi 2 juta unite lebih tahun 2008 (data majalah swa) maka PT Intech Surya Abadi sebagai produsen Advan membuat lompatan baru dengan memproduksi aneka perangkat komputer mulai dari Notebook, Deskbook, dan bahkan Flashdisk.

Dikelas Netbook untuk mengimbangi dominasi Toshiba, Acer dan Lenovo PT Intech Surya Abadi mengambil langkah positioning sebagai Nebook murah, Kini PT Intech Surya Abadi membrandol produk Advan yaitu Vanbook dengan harga 3 Juta/Unit.Harga yang murah memang menjadi strategi umum Advan yaitu target pasarnya memang kalangan menengah kebawah yang mengidamkan bisa memiliki komputer/Notebook dengan harga terjangkau.

Berikut ini Strategi umum Advan dalam pasar Komputer/Notebook :


1.      Permajaan Merek : merek produk Notebook dan Deskbook (all in one PC), dari Advance diubah menjadi Advan agar lebih mudah diucapkan dan diingat.
2.      Melakukan strategi promosi dengan beriklan di media massa maupun elektronik dengan brand ambasador artis Happy Salma.
3.      Sesuai dengan target pasarnya, Advan menawarkan produk dengan harga lebih murah untuk produk komputer dan aksesorisnya.
4.      Deskbook Advan dipasarkan dengan harga Rp 5 juta/unit lebih murah dibandingkan Imac(US$ 2 Ribu)
5.      Pelayanan pasca jual dengan membuka pusat servis Advan di 33 kota besar di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar