Senin, 10 September 2012

CT Corp Akuisisi Retail Carrefour 3 Triliun

Chairul Tanjung dengan bendera CT Corp mengakuisisi industri retail PT Carrefour Indonesi, Nilai akuisisinya pun tak tanggung-tanggung sebesar Rp 3 triliun.  Chairul mengakuisisi 40% saham Carrefour Indonesia sekaligus menobatkan kelompok usahanya sebagai pemegang saham tunggal terbesar. Sementara pemegang saham lainnya adalah Carrefour SA sebesar 39 persen, Carrefour Nederland BV (9,5 persen), dan Onesia BV (11,5 persen).

 Alasan CT mengakuisisi Carrefour :

1. Carrefour adalah ritel papan atas negeri ini. Bahkan sejak tahun 2008, ia ranking pertama dengan omset   Rp 10,68 Triliun. Meninggalkan Matahari yang omsetnya Rp 9,03 trilyun.

2. Carrefour sudah membuktikan eksistensinya dalam jangka panjang. Orang SNF Consulting harus antusias dengan perusahaan seperti ini. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 3 Juni 1957 di dekat sebuah perempatan jalan di Paris. 

3. Carrefour adalah perusahaan kelas dunia. Visi SNF Consulting sebagai kantor konsultan yang dipercaya perusahaan-perusahaan kelas dunia memacu saya untuk menyimaknya secara mendalam. Ritel nomor dua di dunia setelah Wallmart ini telah beroperasi di berbagai negara di dunia. Indonesia adalah salah satunya. Lebih dari 50 gerai Carrefour beroperasi di negeri ini sebagai bagian dari 8 023 gerainya di seluruh dunia.

4. Carrefour berbisnis ritel. Ini adalah bidang yang sangat tradisional. Siapa pun bisa memasuki sektor ini. Entry barrier nya rendah. Di gang-gang kecil kampung selalu ditemui toko-toko kelontong yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari. Gula, garam, beras, sayur-mayur, sabun, minyak goreng dan sejenisnya. Bidang inilah yang dimasuki raksasa ritel yang secara global beromset lebih dari Rp 900 Trilyun ini dengan sukses.

Carrefour merupakan perusahaan retail terbesar di Indonesia. Pemasoknya bervariasi mulai dari perusahaan besar, kecil, dan menengah, petani, peternak, kelompok nelayan, dan lain-lain. Perkembangannya semakin meluas setelah pada Januari 2008, Carrefour berhasil mengakuisisi 75 persen saham PT Alfa Retailindo Tbk yang kemudian mengubah seluruh gerai Alfa menjadi Carrefour Express.
 
Dengan kerjasama tersebut, Trans Corp akan menerapkan kekuatannya dalam inovasi, operasi, dan pengetahuan mengenai pasar lokal untuk bekerja sama dengan Carrefour dalam menyediakan kebutuhan konsumen di Indonesia.  Sekaligus mengombinasikan gerai Carrefour dengan kelompok usaha Para Group dalam bidang pelayanan finansial dan gaya hidup (lifestyle-fashion), makanan dan minuman (food & beverage), dan travel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar