Selasa, 12 Februari 2013

STRATEGI MANAJEMEN BISNIS KELUARGA FABER-CASTELL





Generasi Pertama - Pendirian bisnis oleh Kaspar Faber(1730-1784)
1761-1784

Pada awal mulanya, perusahaan ini hanya memproduksi pinsil. Di Stein dekat Nuremberg, Kaspar Faber, pembuat kabinet memproduksi pinsil pertamanya, yang disebut "Bleiweißstifte". Pinsil ini dijual di pasar Nuremberg. Dengan melihat awal mula pembentukan bisnis ini, dapat disimpulkan bahwa Faber-Castell berdiri jauh sebelum Revolusi Perancis dan berdirinya negara Amerika Serikat
Generasi kedua - Anton Wilhelm Faber (1758-1810)
1784-1810
Dinamakan sesuai nama putra Kaspar Faber, Anton Wilhelm Faber(1784-1810),Bisnis ini pada generasi kedua disebut "A.W.Faber". Anton Wilhelm memperluas bisnis ini. Dia membeli real estate tambahan, meningkatkan produksi. Pada generasi ini perusahaan berkembang dengan pesat.


Generasi ketiga -Georg Leonhart Faber(1788-1839)
1810-1839

Pada masa kepemimpinan Georg Leonhart, negara sedang mengalami masa politik dan ekonomi yang sulit. Situasi ini mengakibatkan produksi menurun dan kondisi perusahaan terancam.
Generasi keempat -Lothar von Faber (1817-1896)
1839-1896
Setelah Georg Leonhart Faber meninggal dunia,perusahaan dipimpin oleh  putranya, Lothar von Faber. Berbekal pengalamannya di produksi alat tulis di Perancis dan London, pemuda berusia 22 tahun ini merombak perusahaannya.  Dengan visi yang jelas dan motivasi yang kuat, dia memajukan perusahaan. Visinya adalah "..To rise to premier position by making the best products in the world.." yang artinya mencapai posisi teratas dengan menghasilkan produk terbaik di dunia. Pada awal era kepemimpinan Lothar von Faber, dia menciptakan pinsil hexagonal yang pertama, mengembangkan pinsil jerman yang berkualitas yang pertama, dan memberi nama 'A.W.Faber'. Ini merupakan pinsil pertama di dunia yang memiliki merk. Beliau juga menerapkan standar produk, menemukan gradasi pensil (HB, 8B - 6H) yang sekarang dipakai oleh industri pinsil.
Generasi kelima -Wilhelm Von Faber(1852-1893)
1877- 1893


Sebagai putra tunggal Lothar Von Faber, Wilhelm sudah terlibat secara aktif dalam perusahaan sejak tahun 1833 dan pada tahun 1877 ditunjuk sebagai penerus perusahaan. Wilhelm, yang lebih tertarik ke bidang seni, kehilangan kedua anaknya Lothar dan Alfred Wilhelm pada usia yang sangat muda, yaitu pada umur 3 dan 4 tahun.
Karena Kesedihan yang mendalam, Wilhelm akhirnya juga meninggal pada usia muda 42 tahun, meninggalkan istri dan tiga putri. Akibat kematiannya, sang ayah, Lothar Von Faber, terpaksa sekali lagi harus turun tangan mengambil alih perusahaan sampai ajalnya tiba. Janda dari Wilhelm Von Faber, Baronnes Ottilie Von Faber, mewarisi perusahaan "A.W.Faber" dan menjalankan perusahaan sampai masa pergantian abad. Pada tahun 1900, Count Alexander Graf von Faber-Castell bergabung dalam manajemen perusahaan. 
Generasi keenam -Count Alexander Graf von Faber-Castell
1900-1928

Pada tahun 1898, putri tertua dari Wilhelm Von Faber sekaligus pemimpin sementara perusahaan, Baronnes Ottile Von Faber, menikah dengan Count Alexander zu Castell-Rüdenhausen yang merupakan keturunan dari salah satu keluarga bangsawan tertua di Jerman. Menjelang ajalnya, Lothar Von Faber telah mempersiapkan surat wasiat yang mana di dalamnya menegaskan bahwa generasi berikutnya tetap harus menyertakan nama 'Faber' ke dalam nama keluarga yang baru. Karena itu nama keluarga yang baru "Count and Countess von Faber-Castell" diangkat menjadi nama perusahaan yang baru "Faber-Castell"
Generasi ketujuh-Roland Count von Faber-Castell(1905-1978)
1928-1978

Setelah Count Alexander wafat, putranya yang bernama Roland  mengambil alih perusahaan.
Generasi kedelapan-Anton Wolfgang Count von Faber-Castell(lahir tahun 1941)
Sejak tahun 1978

Setelah ayahnya meninggal, putranya yang bernama Anton Wolfgang Count von Faber-Castell mengambil alih perusahaan sampai saat ini.
Sampai saat ini, Faber Castell sudah memiliki banyak varian dari produk pensil itu sendiri, mulai dari Pensil berbagai ukuran ketebalan, pensil warna, spidol, crayon, stabilo, bolpoint dan masih banyak produk stationery lainnya. Dan Faber Castell merupakan salah satu pabrik pensil dengan pembeli terbanyak di Dunia. Hampir semua orang di semua kalangan dan umur, menggunakan pensil Faber Castell untuk melakukan kegiatan mereka.  
Sumber : www.faber-castell.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar