Senin, 08 April 2013

MNC Kapital Akuisisi Saham Bumi Putera

Direktur MNC Kapital Indonesia, Wandhy Wira Riady mengatakan, perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sell and purchace agreement/CSPA) dengan ICB Financial Group Holdings AG untuk mengambilalih 30 persen saham di Bank Bumiputera. 

Anak usaha MNC Grup yang bergerak di sektor keuangan, yakni PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) mengakuisisi 30 persen saham PT Bank ICB Bumiputera (Bank Bumiputera).

Penandatanganan CSPA tersebut merupakan tahap awal dari pelaksanaan rencana strategis usaha perseroan untuk memperkuat posisi perseroan sebagai perusahaan investasi, yang bergerak di sektor jasa keuangan dengan layanan lengkap dan terintegrasi.

Kendati demikian, transaksi akuisisi itu baru bisa direalisasikan setelah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia (BI). Sekedar mengingatkan, perseroan sebelumnya menyatakan akan mengakuisisi bank komersial yang sehat pada tahun ini guna melengkapi jasa layanan dan memperkuat sinergi demi meningkatkan kinerja perseroan ke depan. 

Proses akuisisi tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan Nomor IX.H.1 Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor Kep-264/BL/2011 tanggal 31 Mei 2011 Tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka dan memperhatikan isi peraturan nomor X.K.1 Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor Kep-86/PM/1996 tanggal 24 Januari 1996 Tentang Keterbukaan Informasi yang harus segera diumumkan kepada publik, bersama ini kami informasikan bahwa pada tanggal 2 April 2013, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (persero).

Sementara pada tahun lalu, BCAP berhasil membukukan kenaikan laba bersih yang telah diaudit mencapai 220 persen menjadi Rp162 miliar dibanding tahun sebelumnya senilai Rp50 miliarNaiknya laba bersih perseroan berkorelasi terhadap meningkatnya laba per saham, yang melonjak 215 persen menjadi Rp127,2 dibanding 2011 senilai Rp40,4. Capaian laba bersih BCAP sepanjang tahun lalu ditopang bertambahnya pendapatan konsolidasi sebesar 96 persen dari Rp341 miliar pada 2011 menjadi Rp668 miliar pada akhir 2012.

Peningkatan kinerja dari seluruh segmen usaha BCAP di tahun lalu membuat tahun 2012 menjadi tahun yang luar bisa bagi BCAP. Ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pengembangan bisnis yang difokuskan pada kualitas produk dan jasa layanan serta didukung oleh kekuatan jaringan telah membuahkan hasil positif bagi perusahaan. Selain itu, sinergi antar entitas anak semakin solid, sehingga mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja," tutur Direktur Utama BCAP, Darma Putra.

Bagi MNC Group, Akuisisi ini akan semakin memudahkan untuk mendapatkan pinjaman dalam melakukan ekspansi, Bank Bumiputera masih memiliki citra baik. Walaupun tidak terlalu besar, namun bank tersebut tidak mencatat rekor kredit macet yang besar. Selain itu, akuisisi juga bertujuan memberi nilai tambah bagi pelanggan, mitra usaha, perseroan, para pemegang saham dan pemangku kepentingan perseroan.
 
Sumber : sindonews.com
                kompas.com
                detikfinace.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar